Selasa,10 Desember 2019 | Ats-tsulatsa' 12 Rabiul Akhir 1441


Beranda » Melayu Serantau » Seminar Serantau Kaji Manuskrip Melayu

Seminar Serantau Kaji Manuskrip Melayu

| Jum´at, 08 Maret 2013 16:16 WIB

Banda Aceh- Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerja sama dengan Pusat Kajian Manuskrip Alam Melayu (PUSKAM) UiTM Malaysia menggelar Seminar Serantau Kajian Manuskrip Melayu dan Kearifan Tempatan (25/2) di Aula Pascasarjana IAIN Ar-Raniry.

Sekretaris Panitia Hermansyah, MA, Hum mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan kajian lebih dalam terhadap manuskrip-manuskrip melayu.

“pada seminar ini akan dipaparkan materi yang berkenaan dengan manuskrip melayu, Jaringan Ulama Melayu dalam manuskrip, Kearifan Tempatan dalam Manuskrip Melayu, Sumber Kajian Sejarah dan Kebuadayaan Islam di Nusantara, Karateristik Manuskrip Aceh-Jawi, dan beberapa materi lainnya”.

Seminar itu, menghadirkan pemateri baik dari Aceh dan Malaysia, diantaranya Prof. Misri A. Muchsin, Dr. Ajidar Matsyah, Prof. Norsiah Selaiman, dan beberapa pemateri lain lebih kurang 20 orang. Ujar Herman

Dia menambahkan, seminar itu dalam bentuk panel dan dibagi dua kelompok kajian, sehingga kudua kelompok dapat merekomendikan hasil dari Seninar Serantau ini. Ke depan diharapkan akan ada penelitian dan kajian bersama dibidang manuskrip melayu.

Seminar serantau diikuti 100 peserta, terdiri dari dosen, karyawan Fakultas Adab, mahasiswa IAIN, perwakilan Meseum Aceh, dan dari Badan Arsip Perpustakaan Aceh.

[Sumber: www.ar-raniry.ac.id.]

comments powered by Disqus