Selasa,10 Desember 2019 | Ats-tsulatsa' 12 Rabiul Akhir 1441


Beranda » Kabar » Fachry Semekot Pimpin PaSKI Riau

Fachry Semekot Pimpin PaSKI Riau

Laporan fedli azis, Pekanbaru | Selasa, 20 Desember 2011 20:01 WIB
Derry Sudarisman Ketua Umum Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) melantik Pengurus PaSKI Riau, di Taman Budaya Pekanbaru, Sabtu (17/12/2011). (Foto: cf2/said mufti/riau pos)

Bertempat di Aula Taman Budaya, Pekanbaru, Sabtu (17/12) malam, 40 pengurus Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) Riau periode 2011-2014 resmi dilantik oleh Ketua Umumnya, Derry Sudarisman (Deri empat sekawan).

Fachry Semekot pun didaulat menjadi ketua Umum Pengurus Daerah (Pengda) Riau. Acara tidak hanya digelar dengan sekedar pelantikan, namun juga diisi dengan lawakan segar dari pengurus selama acara sehingga membuat pengunjung tertawa lepas.

Pelantikan PaSKI Riau, juga dihadiri Sekjen pusat, Didin (Bagito), serta penasehat PaSKI Riau, Drh Chaidir, dan Fakhrunnas MA Jabbar. Serta Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Syamsurizal yang tiba usai pelantikan dilaksanakan.

Ketua Umum PaSKI, Derry Sudarisman yang langsung melantik Pengda Riau, mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi tinggi kepada Riau dimana sejak lahirnya organisasi seniman komedi di Indonesia pada 2005 lalu tersebut, Bumi Lancang Kuning melalui Otong Lenong merupakan Pengda pertama seluruh Indonesia.

“Regenerasi di tubuh PaSKI Riau ini harus dapat menumbuhkan komedian yang bertalenta di tingkat nasional, dan saya mengucapkan selamat kepada Pengda Riau, dan ke depan harus memiliki program yang dapat merangkul seluruh pelawak di tanah air,” kata Derry.

Derry juga menghimbau agar komedian Riau dapat tampil nantinya dalam ajang Komedi Expo di Jakarta. “Tidak hanya tampil dong, tapi juga harus menggelar acara serupa disini,” timpalnya.

Sementara itu, Fachry mengatakan akan terus mengibarkan bendera PaSKI di Riau dengan terlebih dahulu menghidupkan pengurus-pengurus yang ada di daerah supaya dapat menciptakan SDM yang benar handal.

“Kami akan tetap independen dan menghibur masyarakat Riau dengan tidak terseret pada gelombang politik ataupun dunia luar, komedian Riau saya rasa tak kalah lucu dibanding dengan yang ada di Jakarta, jadi kita harus bisa,” tegasnya yakin.

Ditambahkannya, bahwa selama enam tahun berdiri, PaSKI Riau telah mengalami pasang surut kepengurusan, sehingga dukungan dan bantuan banyak pihak sangat diharapkan demi eksistensi para komedian Riau tersebut untuk berkiprah baik di kampungnya, Riau, maupun di tanah air.

Pelantikan juga diisi dengan berbagai pertunjukan, seperti Randai dari Kuansing, Drama Komedi yang diperankan seluruh pengurus PaSKI Riau, Kesenian Tradisional Inhil, Mahdiyin juga bercerita Yong Dolah yang membuat seluruh pengunjung terpingkal-pingkal mengikuti alur cerita yang dibawakan.

Juga diputar viedo berdurasi lima menit yang berisi tentang ucapan selamat dari pelawak-pelawak tanah air di Jakarta tentang pelantikan Pengda Riau tersebut.

Di pintu masuk juga dipajang beragam lukisan karikatur para pelawak nasional dan daerah yang hadir yang dikerjakan oleh Sindikat Kartunis Riau (Sikari).(*2/fed)

comments powered by Disqus