Rabu,28 Juni 2017 | Al-Arbi'aa 3 Syawal 1438


Beranda » Tentang Kami » Sagang Online

Sagang Online

Redaksi | Jum´at, 01 Februari 2013 11:35 WIB

"Mereka memilih "sagang", sebuah kata yang bukan saja mengandung makna filosofis, melainkan juga makna spiritual dan kultural. "Sagang" adalah benda maujud, aktual, kasatmata, real, dan substansial....Dengan kata lain, "sagang" selalu mempunyai hubungan resiprositas dengan sesuatu yang merayakan ketegakan, kebangkitan, sesuatu yang vertikal dan sama sekali bukan sesuatu yang horizontal. Pada titik inilah,  "sagang" merepresentasikan kehadiran kebudayaan...."  

  (Amarzan Loebis, Redaktur Senior Majalah Tempo)

Cuplikan di atas, agaknya bisa sedikit memberi penjelasan awal tentang "semangat" yang sejak lama dikobarkan oleh penggagas/perintis portal ini, Rida K Liamsi. Kata  "sagang" memang seolah telah menjadi semacam ikon tersendiri bagi berbagai kerja kebudayaan yang telah dilakukannya. Mulai dari dipilih nama “sagang” sebagai laman sastra di Riau Pos, sampai lahirnya Yayasan Sagang, Majalah Sagang, Anugerah Sagang, dan terakhir Sagang Online ini. Tentu, semua kerja kebudayaan ini tetap bermuara pada satu semangat yang sama, untuk "menyangga dan menggerakkan kebudayaan Melayu” di rantau ini.

Sagang Online, sejak awal kelahirannya di sekitar tahun 2008, dikelola oleh Fedli Aziz. Dengan masih tetap memegang semangat yang sama, mulai 1 Februari 2013 ini Sagang Online dikelola oleh SPN. Marhalim Zaini, S.Sn, M.A, dan dibantu oleh Husin, S.Sn, dengan Web Master tetap dipegang oleh Rindra Yasin. Untuk memberi penyegaran dan progres ke depan, sejumlah perubahan pun dilakukan. Mulai dari desain perwajahan baru, penambahan ragam menu, dan up-date data secara berkala. Dengan harapan, motto Sagang Online: “Penyangga dan Penggerak Kebudayaan Melayu Riau” itu, benar-benar, secara bertahap dapat direalisasikan.

Artinya, sebagai "penyangga", Sagang Online harus berupaya memperkuat fondasinya dengan menyajikan berbagai data secara komprehensif tentang kebudayaan Melayu itu sendiri, terkhusus Melayu Riau. Pengetahuan tentang data, harus pula diikuti dengan pemahaman-pemahaman yang baik terhadap data-data tersebut. Sagang Online pun kemudian berupaya menyajikan ruang-ruang untuk berbagai kajian ilmiah, dari berbagai kerja penelitian, dari peneliti luar maupun dalam Riau sendiri, tentang kebudayaan Melayu Riau. Untuk kepentingan study komparatif, kajian-kajian ke-Melayu-an secara lebih luas pun dapat diakomodir di sini.

Sebagai "penggerak", Sagang Online terus berupaya turut menghadirkan beragam peristiwa dan aktivitas kebudayaan yang terjadi di Riau, juga di wilayah Melayu Serantau. Karena kebudayaan memang bergerak secara dinamis, maka Sagang Online harus turut berkontribusi untuk memberi alternatif arah perkembangan kebudayaan Melayu ke depan. Apalagi, Riau yang telah memantapkan  dirinya melalui visi-misi 2020, sebagai pusat kebudayaan Melayu Asia Tenggara, keberadaan Sagang Online menjadi sangat relevan dan bahkan sangat dibutuhkan.

Cita-cita tersebut, tentu tak dapat teracapai jika tidak dengan kerja keras. Maka dengan cara bertahap, portal ini akan terus-menerus diup-date. Terus menerus dikerjakan semaksimal mungkin, melengkapi berbagai data, yang tentu juga akan terus berkembang. Peran aktif Anda semua, para pembaca, para pengunjung, tentu sangat diharapkan demi kemajuan Sagang Online, demi kemajuan kebudayaan Melayu Riau.***

comments powered by Disqus