Selasa,20 Februari 2018 | Ats-tsulatsa' 4 Jamadil Akhir 1439


Beranda » Seniman & Budayawan » Al Azhar

Al Azhar

Redaksi | Selasa, 26 Agustus 2014 11:17 WIB

AL AzharAl azhar: lahir di Dalu Dalu, Rokan Hulu, Riau, 17 Agustus 1961. Sejak duduk di bangku SMA, ia sudah mulai menulis karya kreatif untuk majalah dinding.Kegemarannya membaca, membuat bakat menulisnya berkembang dengan baik.

Selain ayahnya, Idrus Tintin, adalah seorang tokoh seniman yang turut memupuk kegemaran membacanya, sekaligus kemudian memupuk bakat kesenimanannya, ketika ia masih di SMA maupun kuliah di Universitas Riau. Selain menulis puisi, cerpen, esai, terjemahan, ia pun menulis naskah drama, di antaranya Di Langit Ada Bintang (1977/1978), Tun Fatimah (1986/1987), dan Pelabuhan Terakhir (1985).  Sejumlah sanggar teater pun ia singgahi. Berteater bersama Idrus Tintin, BM Syam, Taufik Effendi Aria, Armawi KH dan beberapa tokoh teater Riau, dengan turut memainkan sejumlah naskah-naskah barat (modern) di awal-awal perkembangan teater modern di Riau.

Di tahun 2007, sempena ulang tahun emas Provinsi Riau, ia sempat memproduseri sebuah pertunjukan Opera Melayu Tun Teja, bersama Marhalim Zaini (sebagai penulis naskah dan sutradara) dan Zuarman Ahmad (sebagai komposera), di Gedung Anjung Seni Idrus Tintin.

comments powered by Disqus