Rabu,28 Juni 2017 | Al-Arbi'aa 3 Syawal 1438


Beranda » Melayu Serantau » Guntur Klaim Kepri Culinary Festival Sukses

Guntur Klaim Kepri Culinary Festival Sukses

Tanjungpinangpos.co.id | Jum´at, 22 Mei 2015 09:11 WIB

”Ribuan warga di Jakarta sudah mengenal jenis kuliner asal Kepri,”

Guntur Sakti

Tanjungpinang  – Dinas Pariwisata Kepri mempromosikan 26 jenis makanan khas Provinsi Kepri di lobi 7 Mall of Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara, Sabtu (16/5) sampai Minggu (17/5). Event pariwisata kuliner Kepri Culinary Festival itu menarik perhatian ribuan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti menyampaikan, 26 jenis kuliner khas Kepri yang disajikan pada festival ini tidak hanya makanan khas Melayu. Beberapa jenis masakan khas Tionghoa asal dari Tanjungpinang. Ratusan pengunjung pada hari pertama, menyambut baik dan menikmati sajian khas dari Kepri. Pada hari kedua, seluruh masakan yang disajikan habis dalam waktu 2 jam.

”Ribuan warga di Jakarta sudah mengenal jenis kuliner asal Kepri,” ujar Guntur Sakti, saat memberikan keterangan resmi di Tanjungpinang, kemarin.

26 jenis kuliner khas Melayu yang disajikan itu antara lain putu mayang, roti kirai, lakse, nasi gagang, kole kole, tepung gomak, pulut sambal, tepong bungkos, bingke bakar, mie tarempa, roti goreng, bingke berendam dan beberapa jenis makanan tradisional lainnya.

Sedangkan kuliner khas Tionghoa yang dipromosikan pada Kepri Culinery Festival itu seperti shua he pia, hekeng, sotong yie, otak otak, masakan gonggong, ta mi, mi ekonomi, gado gado gembira dan gorengan olahan seafood.

Menurut Guntur, event Kepri Culinary Festival itu dilaksanakan setelah Dinas Pariwisata Kepri sukses melaksanakan promosi pariwisata Pesona Kepri Pesona Indonesia, di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Indonesia, Jakarta pada Rabu (13/5) lalu. Event Kepri Culinary Festival dirancang sebagai bentuk komitmen Dispar Kepri untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kepri. Khususnya wisatawan nusantara.

”Semoga animo yang tinggi dari warga Jakarta dan sekitarnya saat menikmati kuliner Kepri, menjadi daya tarik untuk datang ke Kepri,” tambahnya.

Guntur menambahkan, seluruh pelaku kuliner khas Kepri itu berasal dari masyarakat Kota Tanjungpinang. Bahkan, Rudi Chua salah seorang anggota DPRD Kepri hadir dan puas melihat antusias pengunjung pada event itu.

”Pak Rudy Chua berharap acara ini ditingkatkan, dengan perpaduan lintas sektor antara dinas di Provinsi Kepri, seperti Dinas UKM, Disperindag, Dinas Kebudayaan, dan dinas terkait lainnya sampai ke tingkat kabupaten/kota,” demikian dijelaskan Guntur Sakti.

Promosi Kepri dalam kemasan Wonderful Kepri saat ini, tidak hanya terbatas pada kegiatan direct promotion dan direct selling. Tapi mengajak seluruh komponen masyarakat dalam kegiatan creating Wonderful Kepri yang di-launching Menteri Pariwisata pada Februari 2015 lalu.

”Setelah roadshow promosi di Jakarta, kegiatan promosi pariwisata Kepri akan diakhiri dengan event Kepri Media dan travel agent fam trip, 22 Mei sampai dengan 25 Mei ke beberapa kabupaten/kota di Kepri,” kata Guntur.(YUSFREYENDI)

comments powered by Disqus