Kamis,19 Juli 2018 | Al-Khomis 6 Zulkaedah 1439


Beranda » Kabar » Dikalungi Bunga, Disambut Tari Zapin

8 Wisman Perdana ke Riau di 2018

Dikalungi Bunga, Disambut Tari Zapin

| Selasa, 02 Januari 2018 12:39 WIB
SAMBUT WISMAN: Dinas Pariwisata Riau bekerja sama dengan otoritas Bandara SSK II Pekanbaru dan Imigrasi menyambut wisatawan mancanegara (wisman) yang tiba di awal tahun dengan pengalungan bunga dan tarian zapin serta disuguhi air mata pengantin di pintu kedatangan internasional Bandara SSK II, Pekanbaru, Senin (1/1/2018).

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Menyambut 1 Januari 2018, seperti tahun sebelumnya Pemprov Riau bekerja sama dengan pihak otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II dan Imigrasi. Khususnya,terhadap kunjungan perdana turis asing atau wisata mancanegara (wisman) yang menginjakkan kaki di Bumi Lancang Kuning.

Kunjungan delapan wisman melalui pintu masuk kedatangan Bandara SSK II Pekanbaru, Senin (1/1). Terdiri dari tiga warga negara Amerika Serikat (AS), satu warga Jepang dan empat asal Afrika Selatan. Mereka disambut disambut suka cita dengan pengalungan bunga. Juga diiringi tarian zapin serta disuguhkan mimuman khas Riau, air mata pengantin, sebagai ucapan selamat datang ke Riau.

Sekretaris Dinas Pariwisata Riau Bambang Rusdianto menjelaskan, delapan wisman yang datang pada awal tahun 2018 menumpang pesawat Silk Air penerbangan 254 dari Singapura. Mereka tiba di Pekanbaru pada pukul 10.45 WIB.

“Mereka bermaksud melihat langsung objek wisata di Pekanbaru dan berbagai destinasi wisata di kabupaten/kota di Riau,” ujar Bambang.

Mengenai kegiatan penyambutan yang digelar kemarin merupakan kebiasaan rutin yang dilakukan Dispar Riau berkerja sama dengan otoritas Bandara SSK II Pekanbaru.


“Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan tarian dan kuliner khas masyarakat Riau. Semoga kunjungan wisatawan ke Riau tahun ini lebih meningkat lagi dibandingkan sebelumnya. Sehingga dapat memberikan sumbangan devisa negara dan menciptakan multiplier effect kepada masyarakat,” harapnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Riau jumlah kunjungan wisman ke Riau pada 2017 tercatat 91.484 orang. Ini melebihi angka pada 2016 yang mencapai 66.130 orang.

Turut hadir pada acara penyambutan kemarin Kepala Bidang Pemasaran Dispar Riau Hj Yulisma Hanafi, Manager Operation and Services Bandara SSK II Imran Chandra, Finance Administrasi Comersial Manager (FACM) AP II Cabang Bandara  SSK II Pekanbaru Ramedawati, General Manager Airport Operation and Services AP 2 Bandara Internasional SSK II Pekanbaru Alyudha Heru dan petugas imigrasi.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau Fahmizal mengatakan, kunjungan ke beberapa destinasi wisata meningkat tajam. Khususnya spot yang viral di media sosial. Tercatat 33.556 tingkat kunjungan selama libur Natal dan tahun baru di destinasi yang sedang viral tersebut.

“Periode sama tahun sebelumnya terdata 15.356. Jadi ada peningkatan 100 persen di destinasi yang viral di medsos selama libur Natal dan tahun baru,” ungkapnya.

Menurut Fahmizal, hal tersebut merupakan salah satu angka positif dalam memberikan Riau semangat terus berbenah dan menyiapkan destinasi wisata unggulan. Beberapa destinasi yang diminati di lokasi-lokasi viral media sosial per kabupaten tersebut seperti wisata Ulu Kasok dan Teluk Jering di Kampar. Selain itu juga ada Bukit Suligi dan Islamic Center di Rokan Hulu. Serta jembatan dan Istana Siak di Siak hingga meningkatnya kunjungan ke Bono di Pelalawan.

“Seluruh pihak terus kita dorong memperkenalkan destinasi wisata Riau,” tambahnya.

Berbagai prestasi dan penghargaan di sektor pariwisata ditegaskan Fahmizal merupakan sebuah keseriusan pemprov dalam mengelola sektor pariwisata. Karenanya kepada seluruh kabupaten/kota dia berpesan agar terus mendukung komitmen bersama dalam menyiapkan pariwisata lebih baik di tiap-tiap daerah.

“Jadi Pak Gubernur tak main-main dalam menyiapkan sektor ini. Dan tiga tahun pertumbuhannya terbukti kepercayaan masyarakat pelan-pelan terus tumbuh. Secara nasional, sekarang pariwisata nomor dua mampu genjot devisa negara,” ungkapnya.

Memasuki 2018 ini, Kadispar Riau mengajak seluruh pihak terkair agar terus meningkatkan promosi dan menggalakkan kerja bersama. “Dorongan media kita terus lanjutkan juga supaya dapat bersama-sama memajukan pariwisata Riau,” tutupnya.(egp)


comments powered by Disqus