Minggu,17 Desember 2017 | Al-Ahad 28 Rabiul Awal 1439


Beranda » Kabar » Bono Jazz Kembali Bergema

Bono Jazz Kembali Bergema

| Senin, 27 November 2017 10:11 WIB

Bono Production kembali menggelar helat bertajuk ‘’Bono Jazz Festival’’ pada 8-9 Desember di parkiran Transmart Pekanbaru. Pada tahun ketiga pelaksanaan helat ini, tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya tentu saja untuk membangkitkan kebudayaan dan pariwisata di tanah Melayu Riau.

Fokus utama yang ingin diangkat dan diperkenalkan secara luas tentu saja gelombang bono yang ada di muara Sungai Kampar. Sebuah fenomena alam yang hanya ada di beberapa negara saja di dunia. Riau bahkan lebih istimewa karena gelombang yang dihasilkan pertemuan air dangkal (sungai, red) dan dalam (laut, red) itu ada di dua lokasi yakni Kabupaten Pelalawan (Sungai Kampar) dan Kabupaten Rokan Hilir (muara Sungai Rokan).

Direktur Festival Bono Jazz Ikhsan menjelaskan, melalui karya musik, diharapkan bono bisa mengangkat nama Riau di mata dunia. ‘’Ini destinasi wisata yang langka di dunia dan kita beruntung gelombang itu ada di sini. Ini potensi yang luar biasa,’’ ulas Ikhsan.

Perihal kebudayaannya yang tahun ini semakin dipertajam karena Bono Jazz Festival ini genre jazz Melayu yang telah ada dengan foundernya Eri Bob (Geliga) lebih di kenal baik masyarakat yang ada di daerah Riau, Indonesia dan dunia. Untuk mencapai kampanye Jazz Melayu ini pada saat pertunjukan nanti, baik para musisi Riau maupun dari luar Riau termasuk Jakarta yakni Tohpati bertiga membawakan satu materi lagu Melayu selain karya masing-masing dan dengan gaya atau interpretasi bermusik mereka. ‘’Kami berharap Bono Jazz tahun ini bisa lebih mengedukasi masyarakat umum bahwa selain Riau punya kekayaan alam yang indah dan juga mempunyai kekayaan budaya yang menarik yaitu di sisi seni musik Melayunya,’’ kata Ikhsan mengakhiri.(fed)

comments powered by Disqus