Minggu,17 Desember 2017 | Al-Ahad 28 Rabiul Awal 1439


Beranda » Kabar » Produk Melayu di Helat Internasional

Produk Melayu di Helat Internasional

| Senin, 27 November 2017 08:08 WIB
DEMO MASAK: Chef Aiko demo masak makanan khas Melayu Riau di helat Siak Interfood Jakarta, baru-baru ini.

DINAS Pariwisata Riau terus mengembangkan sayap untuk melambungkan nama Riau di kancah internasional.

Kali ini, dinas yang dipimpin Fahmizal Usman itu mengikuti acara bertajuk Sial Interfood, Inspire Food Busines di Jiexpo, Kemayoran-Jakarta, 22-25 November 2017 lalu. Riau sendiri menjadi bagian helat raksasa yang diikuti 33 negara dengan 1.000 stan produk makanan. Selain itu juga diikuti pelaku bisnis di bidang makanan internasional, produsen makanan, kopi dan jenis-jenis minunan serta berbagai peralatan dan pendukung produksi makanan.

Sial Interfood merupakan helat kuliner paling bergengsi yang diselenggarakan secara bergantian antara satu negara ke negara yang lain. Dan tahun ini, Dinas Pariwisata Riau melalui Bidang Ekonomi Kreatif menyajikan berbagai produk makanan khas Riau. Baik makanan berat, makanan ringan maupun berbagai jenis minuman. Dari gulai asam pedas, anyang, bolu komojo, bolu berendam, kopi liberika sampai minuman laksamana mengamuk, air mata pengantin serta berbagai makanan khas Melayu lainnya.

‘’Kita ikut berpartisipasi dan melihat serta merasakan langsung sebagai bagian perhelatan besar ini,’’ ungkap Kadispar Riau Fahmizal.

Selain menyajikan berbagai kekayaan kuliner, Dispar Riau membawa sajian kesenian tari. Dalam helat itu, Riau menyajikan tari  ‘’Zapin Cek Esah’’ dalam acara gala dinner internasional. Riau kembali tampil dua karya tari garapan baru ‘’Rentak Jogi’’ dan ‘’Setandak Kasih’’ garapan koreografer Sunardi.

Penyajian kesenian Riau memukau pengunjung, mampu menghadirkan suasana baru penuh dengan kemelayuannya.

Dalam Riau Culinery Expo di Jakarta, Riau menyajikan berbagai masakan khas Riau. Kehadiran chef Aiko memberikan daya tarik tersendiri. Selain chef Aiko seorang publik figur yang sering muncul di acara TV swasta nasional, cheif Aiko membuat makanan kue yang isinya abon berbahan ikan salai.(fed)


comments powered by Disqus