Senin,23 Oktober 2017 | Al-Itsnain 2 Safar 1439


Beranda » Kabar » Wayang Kulit Semalam Suntuk Hadirkan Dalang dari Jateng

Wayang Kulit Semalam Suntuk Hadirkan Dalang dari Jateng

| Minggu, 08 Oktober 2017 11:53 WIB
Rinto Pramono

TAPUNG (RP)- Memasuki awal tahun baru Islam, Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKR)  Kabupaten Kampar menggelar kegiatan peringatan 1 Muharram 1439 Hijriyah/Suro 1951 Windu Dal. Acara diisi juga dengan penampilan khusus Ki Tantut Sutanto, seorang dalang yang datang dari Klaten Jawa Tengah.

Acara dilaksanakan pada Sabtu (7/10) di Desa Suka Mulya SP 2 Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Seluruh undangan yang hadir mengenakan baju batik yang merupakan kebanggan dari warisan lelulur Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana H  Rinto Pramono didampingi Sekretaris Joko Partomo  dan panitia lokal Sutrisno mengajak seluruh komponen masyarakat terutama IKJR untuk mengikuti kegiatan tersebut. Acara juga dihadiri oleh Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman, Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH selaku  Ketua Dewan Penasehat DPD IKJR Kampar, para pengurus DPP IKJR.

Kepada Riau Pos, di sela persiapan pelaksanaan acara kemarin, Rinto mengatakan bahwa wayang yang digelar semalam suntuk tersebut dilaksanakan untuk meningkatkna sillaturrahim masyarakat Jawa Riau yang ada di Kabupaten Kampar. Kesenian wayang ini tetap menjadi kesenian yang dinanti-nanti oleh masyarakat Jawa yang berdomisili di Riau, termasuk Kampar.

Rinto menambahkan bahwa dalam rangka menyambut 1 Muharram 1439 Hijriyah, IKJR telah menggelar sejumlah kegiatan yang bekerjasama dengan Desa Suka Mulya Kecamatan Bangkinang. Kegiatan tersebut antara lain donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kampar pada 30 September 2017 yang lalu dimana terkumpul 32 kantong darah dari 47 peserta donor yang mendaftar. Selanjutnya digelar pula pengobatan massal pada Sabtu (7/10) pagi bekerjasama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kampar. “Pada malam harinya, dilaksanakan sholawatan usai sholat maghrib. Acara dilanjutkan dengan wayang semalam suntuk,’’pungkasnya.(why)

comments powered by Disqus