Rabu,24 Mei 2017 | Al-Arbi'aa 27 Syaaban 1438


Beranda » Kabar » Penonton Padati Pemutaran Film Mafia Agaknya, Geng!

Penonton Padati Pemutaran Film Mafia Agaknya, Geng!

Laporan Kunni Masrohanti, Pekanbaru | Minggu, 16 April 2017 10:26 WIB
Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman dan Erizal Muluk turut menonton Film Mafia Agaknya Geng!, Jumat (14/4/2016) di gedung Anjung Seni Idrus Tintin (ASIT).


Pemutaran perdana Film Mafia Agaknya, Geng!, tadi malam, Jumat (14/4) di Anjung Seni Idrus Tintin (SIT), dipadati penonton dari berbagai latar belakang dan usia. Sejak sore, kesibukan di gedung ini sudah terlihat. Selain panitia yang mempersiapkan ruangan dan tempat, beberapa warga juga banyak yang datang untuk melihat lokasi tempat pemutaran film itu.

Sejak pukul 19.30 WIB, lobi ASIT sudah dipenuhi penonton. Tepat pukul 20.10 WIB, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman tiba di gedung. Ia datang bersama politisi Erizal Muluk. Tidak lama sampai, Gubernur langsung melounching pemutaran film tersebut.  Dilanjutkan dengan perkenalan pemain, sutradara dan crew Film Mafia Agaknya, Geng! ‘‘Budaya Melayu harus  diwujudkan bersama melalui film dan karya-karya seni lain. Saya sangat mendukunng pembuatan dan pemutaran film. Mudah-mudahan akan lahir karya-karya berikutnya dan anak negeri lainnya,’’ ujar Gubernur disambut tepuk tangan penonton.

Hang Kafrawi, sang sutradara film ini, film ini, menyebutkan, membancuhkan suasana laga (perkelahian), percintaan dan komedi. Skenarionya ditulis Eric F Junior. Atas kesefahaman dan semakaan tekad, film ini pun dimulai dengan pengambilan gambar yang dimulai 4-18 Fenruari 2017 yang lalu.

Film ini, kata Kafrawi lagi, dapat djadikan acuan dan dorongan pemacu semangat generasi muda Riau dalam berkarya di bidang industru perfilman. “Kita bisa melahirkan film dan apa yang kami lakukan ini adalah untuk membuktikan kita bisa,” jelas Hang Kafrawi yang sudah menghasilkan lima film televisi ini.

Hang Kafrawi menjelaskan juga, bahwa selama ini banyak pihak luar, yang mengatasnamakan Produksen House (PH) dari Jakarta hendak membuat film di Riau. Berbagai casting dilakukan, namun nyatanya banyak anak-anak Riau, khususnya Pekanbaru yang tertipu. Mereka kadang kala, kata Hang Kafrawi, harus membayar untuk mengikuti casting tersebut.

“Ini ajang pembuktian bahwa anak-anak Riau mampu membuat film. Untuk itlah saya berharap, nantinya apabila pemerintah daerah Riau berkeinginan membuat film, pakai saja anak-anak daerah. Kita punya kemampuan untuk itu, namaun selama ini terganjal masalah dana saja,” ujar Seniman penerima Anugerah Sagang tahun 2014 ini.

Hang Kafrawi menambahkan, aktor dan aktris dalam film Mafia Agaknya, Geng! berasal dari anak Teater Matan dan mahasiswa FIB Unilak. Kamaremannya Kahiri, alumni Sastra Indonesia, editor Dery Pratama alumni Sastra Inggris FIB Unilak. Sementara penulis skenarionya Eric Febrian, alumni Jurusan Teater Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR).

“Pokonya kita menyatu dalam produksi ini. Paling penting untuk menghasilkan karya yang melibatkan orang banyak ini adalah kekompakkan. Sehati dan seprasaan, sehingga menghasilkan karya yang benar-benar dari hati,” ucap Hang Kafrawi. 

Film Mafia, Agaknya Geng!  Berkisah tentang pertentangan geng di sebuah kampong. Pertentangan antara The Gelojoh  Geng dan The Sungot Geng semakin tajam saat pemimpin mereka Kucay (Riyal) dan Taher (Eric) jatuh hati dengan Fatimah (Asma Aini)  anak mantan preman kampung tersebut (abang Roy). Saat Fatimah diculik oleh kelompok mafia disaat Fatimah melihat anggota mafia sedang melakukan transaksi penjualan narkoba, dua geng kampung yang bertikai tersebut bersatu untuk melawan mafia agar bisa menyelamatkan Fatimah. Film yang penuh dengan adegan duel dan intrik memberi warna tersendiri dalam perkembangan film di Riau.

‘’Alhamdulillah, film ini dapat kita persembahkan mala mini (kemarin malam, red) kepada masyarakat banyak. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat. Dan, inilah kondisi perfilman kita sekarang yang juga mulai tumbuh dan bergeliat,’’ katanya lagi.


Beberapa seniman dan budayawan juga terlihat hadir dalam pemutaran film tersebut. Antara lain, Jefry Al-Malay, Herman Rante, Bambang Kariyawan, Prlindungan, Plt Dinas Kebudyaaan Yoserizal Zein dan masih banyak lainnya. Sementara itu, Erick F Junior selaku penulis film menyebutkan, film ini adalah salah satu wujud nyata kami untuk turut andil dalam meramaikan dunia perfilman, khususnya di Riau. ‘’Mafia Agaknya Geng! Bukan saja film yang menawarkan adegan duel namun lebih dari itu ada percintaan dan juga komedi. Ayo mari sama-sama didukung kerja anak negeri ini," ungkap Eric .(fiz)

comments powered by Disqus