Rabu,28 Juni 2017 | Al-Arbi'aa 3 Syawal 1438


Beranda » Kabar » Rayakan Hari Teater dengan Aksi Spontan

Rayakan Hari Teater dengan Aksi Spontan

| Minggu, 16 April 2017 10:22 WIB
Mahasiswa AKMR menggelar aksi spontan teater saat merayakan hari teater dunia, Kamis (13/4/2017) di Laman Bujang Mat Syam, Bandar Seni Raja Ali Haji.

PEKANBARU (RP) – Mahasiswa jurusan teater Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR), menggelar aksi panggung spontanitas untuk merayakan hari teater, Kamis (13/4). Kegiatan yang dilaksanakan di Laman Bujang Matsyam Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) ini, diramaikan dengan berbagai pergelaran teater dan kesenian lain dari berbagai jurusan di AKMR.

Nena Padmah, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teater, mengatakan, serentetan pementasan yang dilaksanakan itu memang murni dari mahasiswa AKMR. ‘’Tidak hanya jurusan teater saja yang merayakan. Jurusan lain seperti musik dan tari juga mempersembahkan karya meraka. Jadi, rupa-rupa pementasan dilaksanakan bersama,’’ ungkap Nena.

Kegiatan tersebut dikomandoi Syahrian, sebagai ketua panitia. Sejak sore, berbagai kegiatan sudah dilaksanakan. Antara lain, pesta kostum dan sosialisasi tentang unsur-unsur teater dalam kehidupan masyarakat. Tak heran jika mahasiswa jurusan teater melakukan aksi spontanitas persis di depan gedung Anjung Seni Idrus Tintin (ASIT), bahkan di antara keramaian pengunjung yang datang ke tempat tersebut.

Malamnya, kegiatan perayaan hari teater yang jatuh tanggal 20 Maret lalu, diawali dengan persembahan lagu dari jurusan musik. Dilanjutkan dengan pertunjukan bersama dari berbagai unsur seni, yakni, tari, puisi, musik. Berikutnya Puisi Penyalai, teater tubuh berjudul Gimas dan monolog Marsinah oleh Nena Padmah. Kegiatan ini ditutup dengan persembahan tari dari jurusan tari.

‘’Perayaan hari teater ini sudah telat. Tapi tanggal 27 Maret, tepat hari teater, kami belum sempat melakukan apa-apa. Ya, supaya jangan tidak, kami rayakan kemarin (Kamiss, red). Mudah-mudahan memberi manfaat dan bisa mengaplikasikan makna dari sebuah teater dalam kehidupan masyarakat,’’ ungkap Nena lagi.(kun)

comments powered by Disqus