Kamis,31 Juli 2014 | Al-Khomis 3 Syawal 1435
Beranda » Kabar » Kenalkan Tokoh-tokoh Teater Tradisi Melayu

Jelang Pentas "Protagonis" Teater Matan

Kenalkan Tokoh-tokoh Teater Tradisi Melayu

Redaksi | Minggu, 17 Maret 2013 10:29 WIB

PENTAS teater yang akan disuguhkan Teater Matan tinggal menghitung hari, tepatnya pada 22, 23 dan 24 Maret di gedung teater tertutup Anjung Seni Idrus Tintin. Karya penulis dan sutradara Monda Gianes tersebut diberi judul ‘’Protagonis’’ yang menggabungkan antara unsur teater tradisi dan modern.

Menurut Monda, karya yang diangkatnya kali ini, selain untuk memperkenalkan teater tradisi Melayu, juga tokoh-tokoh dalam cerita teater Mak Yong, Mamanda, Bangsawan, Mendu dan Randai Kuantan. Pasalnya, selain teater tradisi itu belum dikenal luas, apalagi tokoh-tokoh dalam ceritanya. Karena itu, Monda beruapaya keras menghadirkan tokoh-tokoh itu dalam satu panggung di ‘’Protagonis’’.

‘’Kita bisa saksikan dan dengar sendiri, banyak tokoh-tokoh cerita di Jawa yang dikenal secara luas seperti Gatot Kaca dan lainnya. Sedang tokoh-tokoh dalam cerita Melayu belum dikenal, bahkan oleh orang Melayu masa kini. Karenanya, saya dan kawan-kawan mengangkat dan mengenalkan tokoh-tokoh itu kembali ke hadapan publik,’’ ulas Monda di sela-sela sesi latihan di Gedung Olah Seni (GOS) Taman Budaya Riau, Sabtu (16/3) siang.

Tidak hanya cerita, bahkan pemanggungan dan unsur pendukung seperti kostum, musik serta lainnya menggabungkan tradisi dan modern. Sehingga menarik untuk dilihat, didengar dan dirasakan bersama. Paling tidak, usaha Teater Matan untuk menghasilkan karya terbaik perlu mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat.

‘’Saat ini persiapan sudah hampir tuntas dan kami berharap beberapa hari ke depan sudah siap tampil maksimal,’’ tambah Monda.
‘’Protagonis’’ memberikan tawaran plot kepada mereka untuk bertemu, berpisah, dan menentukan dirinya masing-masing. Sebab keadaan tidak selalu bisa dipaksakan. Keberadaan waktu yang terus menjadi kekinian akan membenturkan apa saja terhadap kondisi zamannya. Tradisi bisa selalu terpelihara jika keadaan memang memungkinkan. Sementara kebijakan masa kini juga  mempunyai kehendak untuk mengaktualisasikan dirinya dan melahirkan masa depannya.

Pada pementasan kali ini, Teater Matan juga menjual tiket masuk kepada siapa saja yang berminat untuk mengapresiasi karya mereka. Untuk pemesanan tiket bisa langsung menghubungi Deni Afriadi ke kontak person 081268497556 atau langsung datang ke gedung Teater Idrus Tintin setiap malam pada hari pementasan itu berlangsung. Harga tiket berkisar dari Rp20.000, Rp25.000 dan Rp50.000.(fed)

comments powered by Disqus