Sabtu,19 Januari 2019 | As-Sabt 12 Jamadil Awal 1440


Beranda » Melayu Serantau » Karnaval 43 Kapal Hias Telusuri Kampung Tua di Sepanjang Sungai Carang

5 Ribu Orang Dilibatkan Dalam Festival Sungai Carang

Karnaval 43 Kapal Hias Telusuri Kampung Tua di Sepanjang Sungai Carang

| Selasa, 31 Desember 2013 09:25 WIB

RIAUPOS.CO - Perhelatan Festival Sungai Carang (FSC) dimulai. Berbagai persiapan pelaksanaan yang ditaja mulai 31 Desember 2013 sampai 5 Januari 2014 telah dimatangkan, baik oleh Batam Pos Group maupun oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang dan Pemprov Kepri.

Dalam berbagai rankaian kegiatan yang digagas Chairman Riau Pos Group, Rida K Liamsi ini, sedikitnya melibatkan sebanyak 5.000 orang. Ketua II Festival Sungai Carang, Socrates merincikan, yang terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan terbagi dari 230 pelajar membacakan Gurindam 12, 230 pelajar SMP dan SMA yang melukis di atas kanvas sepanjang 230 meter, 230 mahasiswa dalam pawai alegoris perjuangan Raja Haji Fisabilillah, 230 pelajar membawa bunga manggar, 230 orang dari 10 warga kampung yang memiliki ikatan sejarah dengan Sungai Carang, 7 tim parade drum band dari 7 sekolah yang ada di Tanjungpinang, serta ditambah lagi panitia pelaksana.

“Sedikitnya ada 36 sekolah dasar, 15 SMP dan 13 SMA dan 6 perguruan tinggi yang akan terlibat,” kata Socrates.

 

Sejak sepekan terakhir, Panitia Pelaksana FSC telah memasang ratusan baleho di sepanjang Tepi Laut dan sekitar Jembatan Engku Putri, tempat dilaksanakannya FSC.

Jumat (27/12) lalu misalnya, panitia juga telah memasang spanduk sepanjang 100 meter bertuliskan Festival Sungai Carang di Jembatan Engku Putri.

Sebagaimana diketahui, ada berbagai rangkaian kegiatan dalam upaya mengangkat kembali peranan Sungai Carang dalam sejarah Melayu. Di hari pertama-- hari ini (31 Desember), akan dilaksanakan Carnaval Sungai Carang. Di sini sedikitnya ada 37 kapal hias ditambah sebuah kapal berukuran besar akan berarak, mulai dari Jembatan Engku Putri hingga Tepi Laut.

Arak-arakan kapal hias ini akan diramaikan dengan tetabuh kompang dan alunan Al Barzanji dari 10 kampung berkaitan dengan Sungai Carang.

Selain itu, ada pula festival makanan khas melayu, ada Panggung Semarak Tanjungpinang di Tepi Laut yang menghadirkan artis ibu kota, pelepasan 5.000 lampion dan pesta kembang api ditaja Dispar Kepri. Kegiatan ini rencananya juga akan turut dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan. Pada 5 Januari mendatang, Dahlan Iskan bersama warga akan melaksanakan jalan santai, senam sehat, dan melakukan penanaman pohon.

Agenda Acara
Untuk memandu Anda, berikut seluruh rangkaian kegiatan acara, Selasa, 31 Desember 2013, Pembukaan Festival Sungai Carang digelar di Jembatan Engku Putri Tengku Hamidah. Sedikitnya 43 perahu dan kapal hias melakukan karnaval di sepanjang Sungai Carang, berarak mulai dari Jembatan Engku Putri dan berakhir di Ocean Corner Tepi Laut.

Sepanjang sungai, peserta karnaval yang diantaranya berasal dari 10 kampung tua Tanjungpinang, melantunkan Al Barzanzi diiringi kompang.

Di hari yang sama, akan dilaksanakan Karnaval Juadah Melayu di Ocean Corner Tepi laut, pada malamnya digelar Semarak 230 tahun Tanjungpinang, pesta lampu colok, pelepasan 5.000 lentera dan pesta kembang api hingga pergantian tahun.

Rabu 1 Januari 2014, bertempat di Jalan Hang Tuah Tepi Laut, digelar Karnaval Melukis di atas kanvas sepanjang 230 meter. Adalah sebanyak 230 pelajar SMP dan SMA di Kota Tanjungpinang yang melaksanakannya. Kegiatan digelar sekitar pukul 08.30 WIB.

Kamis 2 Janurai 2014, sebanyak 230 perwakilan pelajar SMP dan SMA se Kota Tanjungpinang membacakan Gurindam XII secara bergantian. Pembacaan Gurindam XII ini dilakukan secara bergantian di Jalan Hang Tuah Tepi Laut sekitar pukul 08.30 WIB.
Jumat 3 Januari 2014 pukul 14.00 WIB, ratusan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Tanjungpinang melakukan pawai alegoris perjuangan Raja Haji Fisabilillah (RHF).

Kegiatan dipusatkan mulai dari Gedung Aisyah Sulaiman hingga Monumen RHF yang merupakan benteng perlawanan RHF ketika melawan penjajahan Belanda.

Sabtu 4 Januari 2014, sebanyak 7 tim drum band dari sekolah yang ada di Tanjungpinang menggelar parade di Gedung Daerah. Kegiatan dilaksanan mulai pukul 14.30 menyambut penutupan Festival Sungai Carang 2014.

Minggu 5 Januari 2014, dilaksanakan kegiatan Dirgahayu Kota Tanjungpinang ke 230 bersama Menteri BUMN RI Dahlan Iskan.(ame/pmb/rpg)

comments powered by Disqus